Ingin Belajar Kelola Keuangan? Simak List Belanja Bulanan Hemat

Beranjak dewasa tentunya sesuatu hal yang harus dilewati oleh setiap orang. Menjadi dewasa tentu tidak mudah karena diiringi dengan tangung jawab yang besar. Setiap orang yang telah dewasa akan dapat membedakan kebutuhan dan keinginan. Selain itu, dapat pula menentukan prioritas dan mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan yang baik dapat dilakukan dengan membuat daftar belanja. Berikut list belanja bulanan hemat untuk kelola keuangan Anda.

Daftar Belanja Untuk Menghemat Uang Bulanan

1. Beras
Bagi masyarakat Indonesia bagian barat tentu tidak afdol jika makan tidak dengan beras. Beras merupakan salah satu makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Sebaiknya berbelanja beras dilakukan setiap sebulan sekali dengan takaran yang berbeda-beda. Produsen beras pun telah mengeluarkan beras dalam berbagai ukuran, antara lain 5 kg, 10 kg, hingga 25 kg. Beras dalam ukuran 25 kg dinilai lebih hemat daripada membeli eceran dan lebih praktis tentunya. Manakah pilihan Anda?

2. Telur
Telur adalah salah satu bahan makanan yang disimpan dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat menyimpan telur dalam kulkas selama 4-5 minggu. Jika dalam suhu ruang, list belanja bulanan hemat kedua ini dapat bertahan selama 2-3 minggu. Yang perlu diperhatikan adalah telur yang telah di dalam kulkam harus tetap di sana sampai waktunya di masak. Telur yang dikeluarkan dari kulkas, tetapi tidak segera dimasak dapat terkontaminasi bakteri salmonella.

3. Buah dan Sayur
Pilihlah buah dan sayur yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama di dalam kulkas. Kulkas dapat membantu menjaga kesegaran buah dan sayuran. Contoh buah yang dapat disimpan dalam waktu yang lama adalah apel. Buah apel dapat bertahan lebih lama daripada jeruk. Sayur wortel dapat disimpan hingga 4 minggu dengan dibungkus kantong plastik agar tidak layu.

4. Keperluan Pribadi Lain
Kebutuhan pribadi lainnya dapat dipilih barang-barang yang memiliki waktu expired lumayan lama. Barang yang dimaksud, seperti pasta gigi, deodoran, sabun, sampo, dan lain sebagainya. Barang-barang dengan tanggal kadaluwarsa lumayan jauh dapat disiapkan dengan jumlah yang banyak. Langkah ini menguntungkan saat Anda tidak memiliki uang lebih untuk membeli barang dalam list belanja bulanan hemat ini.

Tips Untuk Menghemat Uang Bulanan

1. Bandingkan Harga
Harga barang di pasar tradisional dan supermarket tentunya terdapat perbedaan. Buatlah daftar kebutuhan selama sebulan, lalu bandingkan produk yang sama di tempat yang berbeda. Kemudian catat setiap harga dan perbedaannya. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan belanja di tempat yang mana. Anda dapat memilih pasar tradisional, supermarket, minimarket, atau ecommerce yang terkadang menyediakan promo atau diskon.

2. Buatlah Daftar Belanja
Manusia adalah seseorang yang dengan mudah tergiur hal-hal menarik. Oleh karena itu, perlu membuat daftar belanja dengan rinci sebelum pergi berbelanja. Hal ini bertujuan untuk membeli barang-barang yang di luar kebutuhan. Terkadang belanja dengan semangat, sehingga melupakan tujuan utama belanja dan membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Pengeluaran Anda selama sebulan dapat diminimalisasi dengan list belanja bulanan hemat ini.

Manusia merupakan seseorang dengan kebutuhan yang terus bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran akan prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Prioritas dapat diperoleh dengan membuat daftar belanja selama sebulan. Daftar belanja dirancang untuk sebulan ke depan karena dinilai lebih hemat dan praktis. Anda tidak perlu berbelanja berkali-kali. Yuk terapkan tips dalam ulasan ini untuk menghemat uang bulanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *